Selasa, 29 Januari 2013

wacana penggusuran babakan siliwangi

nah yang kayak gini yang saya dukung, semoga ini bukan hanya sekedar pencitraan menjelang pemilihan pilgub jabar ya bu :)


Metrotvnews.com, Jakarta: Anggota Komisi IX DPR RI Rieke Diah Pitaloka menolak rencana penggusuran hutan kota Babakan Siliwangi, Bandung, Jawa Barat.

"Dengan jelas dan tegas saya menolak keinginan pihak-pihak yang ingin menggusur lahan tersebut," kata Rieke dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Senin (28/1).

Rieke juga mengajukan dua rekomendasi politik agar pemerintah mengagalkan rencana penggusuran hutan kota tersebut. "Saya mendesak pemerintah untuk menghentikan pembangunan rencana tata ruang wilayah Kota Bandung di lokasi Babagan Siliwangi sebagai daerah komersial," katanya.

Dia juga meminta pemerintah untuk mengembalikan fungsi Babakan Siliwangi sebagai ruang publik. "Ruang publik memang seharusnya dikuasai publik untuk dipakai bersama," katanya.

Selain  itu, dia menjelaskan fungsi Babakan siliwangi juga memiliki fungsi vital di Cekungan Bandung karena menjadi daerah resapan air. "Bandung adalah milik bersama. Karena itu, setiap warga Bandung berhak untuk ikut berpartisipasi dalam menentukan masa depan kotanya," katanya.

Dia berharap Babakan Silwangi tetap menjadi ruang terbuka hijau yang tidak saja berfungsi sebagai paru-paru kota, tapi juga untuk kepentingan sosial warga kota dalam berkehidupan sehari-hari.

Rieke menambahkan sudah bertahun-tahun, kawasan Babakan Siliwangi menjadi rebutan antara warga dengan Pemerintah. "Warga protes, tak rela Babakan Siliwangi disulap jadi rumah makan," katanya.

Namun dia mengatakan tidak dapat dipungkiri penggerusan lahan hutan tersebut terus terjadi. Dia menyebutkan kawasan yang dikelola oleh pemerintah daerah dan swasta itu mulai bergeser menjadi restoran dan gedung-gedung, seperti Sasana Budaya Ganesha, kolam renang, tutupan parkir, kantor kelurahan, rumah makan dan galeri.

"Mengapa pemerintah daerah tetap ingin mengorbankan kawasan yang telah melahirkan seniman-seniman kebanggan Jawa Barat itu untuk kepentingan segelintir orang?," katanya.

Kawasan hutan kota Babakan Siliwangi (Baksil) di tengah Kota Bandung resmi menjadi hutan kota dunia pada 2011, bahkan Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) telah mengakui keberadaan hutan di tengah kota tersebut, sebagai satu-satunya hutan yang ada saat ini.

Keberadaan hutan tersebut merupakan oksigen bagi kota Bandung. Lahan seluas 3,8 hektare itu adalah area resapan air yang sanggup memasok oksigen untuk 15 ribu orang dalam sehari.  Kawasan tersebut juga terdapat 12 mata air dan berfungsi sebagai kawasan hutan lindung. (Ant/OL-2)

diambil dari http://www.metrotvnews.com/metronews/read/2013/01/28/6/126659/Rieke-Tolak-Penggusuran-Babakan-Siliwangi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar